.

.

Pages

Lomba Tari Rentak Kudo Sungai Penuh Kerinci Jambi

     Oktober  tahun lalu  di adakan lomba Tari Rentak Kudo yang di adakan oleh Dipo Ilham Jalil. Ini merupakan acara yang jarang sekali di adakan.
Biasanya tari Rentak Kudo ini hanya dilakukan untuk acara hiburan seperti di acara pesta perkawinan, pesta turun mandi bayi, dan hiburan di berbagai acara yang biasanya dilakukan di akhir acara.
     Inilah suatu bentuk apresiasi  dan upaya pelestarian masyarakat tentang keberadaan tari ini. Adapun peserta lomba yaitu berasal dari seluruh grup tari yang ada di Kerinci dan Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi.
Acara yang sangat meriah karena  masyarakat sangat antusias mengikuti perlombaan ini. Acara yang berlangsung dua malam ini akhirnya berjalan dengan sukses. Saya sebagai salah satu juri di acara tersebut sampai kebingungan melihat penampilan peserta yang sungguh luar biasa. Karena biasanya tari Rentak Kudo di tarikan secara spontanitas, namun kali ini Tari Rentak Kudo dapat kita nikmati sebagai sebuah tari pertunjukan karena telah ditata dengan baik. Adapun  pemenangnya diraih oleh group tari Rentak Kudo dari Desa Tanjung Rawang. Tidak salah lagi karena tari ini memang berasal dan pertama kali berkembang dari desa tersebut.
   Dengan adanya lomba Tari Rentak Kudo ini, maka diharapkan kedepan akan ada lomba-lomba yang seperti ini  yaitu sebagai wadah masyarakat untuk belajar, pengalaman dan  melestarikan  budaya masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh.