.

.

Pages

Tari Kerinci "Imo Tingkek"


Penampilan Tari "Imo Tingkek"
    Tari ini diciptakan oleh Retci Angralia, M.Pd. dan penata Iringan/musiknya yaitu Antoni pasaribu.
Adapun penari Yessica Destiana dan Resi Hutri Ayu yaitu siswi SMA Negeri I Sungai Penuh yang merupakan salah satu penari terbaik di sekolah. Disamping berbakat di bidang tari mereka juga memiliki prestasi akademik, aktif di kegiatan osis dan kegiatan ekstakurikuler lainnya.

   Tarian ini pernah tampil di acara FLS2N Tingkat SMA Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi 2014 dan di acara perpisahan sekolah SMA Negeri I Sungai Penuh april 2014 lalu. Walaupun mendapat juara dua di tingkat kota Sungai Penuh namun tari berpasangan ini mendapat perhatian yang luar biasa oleh penonton yang menyaksikan penampilan tari ini. Tari ini merupakan tari yang menggangkat cerita rakyat Kerinci. Inilah sinopsis tari "Imo Tingkek". 
Negeri  nan sejuk yang memberikan nafas kehidupan anak manusia. Negeri  yang menyimpan berjuta cerita misteri.
Imo Tingkek merupakan sebuah tarian yang diangkat dari cerita tentang kasih sayang  seorang ibu yang tiba-tiba  melahirkan  anak seekor  harimau. Namun, kehadiran harimau tersebut  tidak diterima oleh saudara kandungnya. Saudaranyapun berusaha untuk menebas kaki harimau tersebut, hingga harimau meraung kesakitan dan pada akhirnya kaki harimau tersebut luka dan tidak bisa berjalan.
Penyesalanpun datang dari kakaknya...
Namun harimau tersebut akhirnya meninggal dunia.