.

.

Pages

Pendakian Puncak Gunung Kerinci

Pendakian Puncak Gunung Kerinci
  Beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk melakukan pendakian Gunung Kerinci bersama teman-teman dan adik-adik tercinta. Dengan
semangat dan keinginan yang kuat kami berhasil mencapai puncak gunung Kerinci dan mengibarkan bendera merah putih. Saya berharap disempatan lain saya dapat melakukan kegiatan ini. Sebagai ungkapan rasa syukur saya terhadap keindahan allah yang telah diciptakan yang maha kuasa. 
     Gunung  Kerinci  terletak di Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.
Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805.mdpl, yang merupakan Gunung berapi tertinggi di Indonesia. Di sini  pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah kota  Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau.
      Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera.  Di belakangnya terdapat Gunung Tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh. Di kaki Gunung ini terdapat danau yang sangat indah yaitu Danau Belibis, yang dimanfaatkan oleh berbagai satwa  untuk mendapatkan sumber air. Terlihat juga pemandangan hamparan perkebunan teh dan  lahan pertanian milik masyarakat Kerinci yang terletak di desa Kersik Tuo. Daerah ini sangat subur, sejuk dan memiliki pemandangan yang sangat Indah.
Di Puncak Gunung Kerinci
    
    Gunung ini juga merupakan salah satu kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sebagai salah warisan dunia yang harus di jaga dan dilestarikan. Hal ini dikarenakan, di Gunung Kerinci menyimpan berbagai spesies tumbuhan dan hewan, sebagai pusat mineral bagi kelangsungan hidup manusia yaitu air dan udara. Gunung Kerinci juga dimanfaat sebagai objek wisata bagi turis lokal maupun mancanegara, yang datang untuk penelitian ataupun menikmati keindahan alam. Pada musim liburan, biasanya banyak wisatawan yang datang untuk melakukan pendakian. Seperti acara Tahun Baru, beberapa waktu lalu, saat saya melakukan pendakian, banyak sekali wisatawan yang datang untuk mengunjungi gunung Kerinci. Saya sebagai masyarakat Kerinci berharap ke depan gunung Kerinci akan selalu menjadi tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing.