.

.

Pages

Bimtek Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 13 Provinsi Jambi

Saya bersama Kelompok Prakarya
  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun pelajaran 2013/2014 telah melaksanakan Kurikulum 2013 secara terbatas dan bertahap. Pengembangan Kurikulum­­ 2013,
merupakan upaya untuk memberi jawaban terhadap beberapa permasalahan yang melekat pada kurikulum sebelumnya, juga bertujuan untuk mendorong peserta didik, agar mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan meng­omunikasikan (mempresentasikan).
    Direktorat Pembinaan SMA pada tahun 2014 memprogramkan kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah. Kegiatan pendampingan tersebut pada dasarnya merupakan tindak lanjut kegiatan pelatihan Kurikulum 2013 dimana pada saat guru menerapkan Kurikulum 2013 akan mendapat pendampingan dari petugas terlatih. Proses dan mekanismekegiatan pendampingan tersebut diuraikan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas (SMA). 
   Secara umum program pendampingan di SMA bertujuan untuk memberikan penguatan bagi guru dalam memahami konsep Kurikulum 2013 serta implementasinya dalam kegiatan pembelajaran dan penilaian.
Hasil yang diharapkan dari pendampingan implementasi Kurikulum 2013 SMA adalah:
1.   Meningkatnya pemahaman dan kompetensi guru sasaran dalam pemanfaatan buku siswa dan buku guru, penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian;
2.  Berkembangnya interaksi antara guru, siswa dan orangtua dalam proses pendidikan di sekolah;
3.  Terlaksananya proses pembelajaran dan penilaian sesuai dengan konsep Kurikulum 2013.

       Di provinsi Jambi  telah dilaksanakan kegiatan Bimtek Pendampingan Pelaksanakan Kurikulum 2013 yang dilaksanakan selama 4 hari di Hotel Ratu yang dilaksanakan oleh Dinas Provinsi Jambi dengan guru pendamping yang ada di masing-masing kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Jambi. Kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 19-22 Oktober 2014 berjalan dengan baik. Para peserta dibekali oleh narasumber dari instruktur nasional yang telah memberikan banyak bekal, harapannya semua peserta dapat bekerja menjalankan tugasnya dengan baik jika kembali ke daerah nanti.
 

 

1 komentar: