.

.

Pages

Kecamatan Depati Tujuh Raih Juara I Rentak Kudo dalam Festival Masyarakat Peduli danau Keinci 2014

Kerinci, Senin 17 November 2014 beberapa hari lalu. Dalam Rangka Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci mengadakan berbagai bentuk festival dan lomba. Diantaranya, lomba Tari Rangguk, Tari Rentak Kudo, Parno Adat, Sike Rebana,
Seruling Bambu, Pameran, Tale Naik Haji,  dan berbagai lomba lainnya. Acara yang sangat meriah, kali ini berbeda dengan kegiatan yang tahun-tahun sebelumnya. Kerena tempat dilaksanakan acara tersebut, bukan hanya saja di objek Wisata Danau Kerinci, namun di berbagai tempat Wisata yang ada di Kabupaten Kerinci Jambi. Diantaranya, Danau Kerinci, Kayu Aro dan Air Panas Semurup.
      Pada hari senin lalu, kecamatan Depati Tujuh berhasil memperoleh juara Rentak Kudo yaitu berasal dari Desa Koto Panjang Kubang.  Tari ini merupakan tari yang berasal dari Rawang, namun berkembang hingga ke desa-desa lain. Tari yang bertujuan untuk hiburan ini, ditampilkan dengan kostum, iringan dan penari yang sangat menarik, sehingga menampilkan seni pertunjukan yang unik. Tari yang di tampilkan oleh masyarakat Koto Panjang ini terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak, tak kalah lagi pemuda/ remaja ikut mengiringi tari tersebut.
    Kesenian yang terdapat di Kerinci dan Sungai Penuh ini, harus dilestarikan, karena merupakan aset budaya yang merupakan akar budaya masyarakat Kerinci. Ke depan semoga perlombaan seperti ini akan terus di laksanakan. Agar kesenian tradisi yang dimiliki oleh Sakti Alam Kerinci ini dikenal oleh masyarakat generasi muda, maupun masyarakat banyak.

0 komentar:

Post a Comment