.

.

Pages

Tari Rangguk
   Tari Rangguk ini ditarikan oleh gadis-gadis Kerinci pada acara Lomba tari Rangguk dalam Rangka Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci 2014, yang bertempat di Objek wisata Air Panas Semurup.
Tarian ini biasa ditampilkan pada acara-acara adat dan acara hiburan ketika panen tiba. Sekarang tarian ini selalu di tarikan di acara hiburan dan perlombaan.
   Kegiatan ini sangat baik sekali karena, melalui aven seperti ini budaya dan kesenian masyarakat kerinci dapat di lestarikan.
Saya sebagai koreografer tari pada saat itu merasa senang setelah melihat penampilan tari ini, dari berbagai kecamatan. Terlihatlah masyarakat Kerinci yang majemuk, walau tari yang dilombakan adalah sama yaitu Tari Rangguk, namun semua penampilan peserta berbeda, karena keanekaragaman dan kreatifitas senimannya, yang telah mengembangkan tarian ini. Dari segi syair lagu, bahasa yang digunakan yaitu bahasa daerah asli desa masing-masing. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa kerinci memiliki dialek bahasa yang berbeda setiap desanya.

0 komentar:

Post a Comment