.

.

Pages

Menanam Tanaman di Sekolah

   Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang salah satu kegemaran saya. Selain hobi di bidang seni, menulis, IT, traveling, aku juga memiliki hobi di bidang pertanian. Yaa... maklum nenek moyang saya adalah seorang petani, dari kecil memang saya sering di ajak ke kebun.
Hingga saat ini juga ke kebun, namun karena kesibukan sebagai guru dan dosen, jadinya agak jarang sih pergi ke kebun (kalau orang Kerinci bilang kebun yaitu Ladang). Jadi bisa dikatakan hobi ini menjadi susah tersalurkan hehe... Tapi untungnya di sekolah saya merupakan salah satu TIM Adiwiyata yaitu salah satu program sekolah dalam mewujudkan Sekolah Berbasis Lingkungan atau Peduli Lingkungan. Saya bersama dengan teman-teman guru, menjadi penggerak terbentuknya program ini. Alhamdulillah hampir dua semester program ini berjalan dengan baik di SMA Negeri I Sungai Penuh di tempat saya mengajar. Ini semua berkat dukungan Kepala Sekolah Bapak Drs. Zulkifli beserta wakil, seluruh guru dan siswa serta orang tua dan pemerintah setempat. 
Untuk menjalankan program ini tentunya tak mudah, banyak kendala yang kami hadapi terutama, membentuk kepedulian semua warga sekolah terhadap lingkungan, mulai mengubah kebiasaan, hingga mengadakan berbagai sarana dan prasana untuk mendukung kegiatan ini. Namun semangat kami TIM Adiwiyata sangat tinggi, karna kita tau ini bukanlah suatu perlombaan namun suatu penghargaan jika sekolah ini dapat dikatakan sekolah Adiwiyata.  Untuk mewujudkan itu perlu kerja keras dan tentunya manfaatnya juga untuk kita semua, terutama lingkungan belajar bagi siswa menjadi nyaman, tenang, rindang, sehat dan bersih.

    Dari kegiatan itulah hobi saya dalam menam berbagai tanaman menjadi tersalurkan. Ada kepuasan tersendiri dalam menanam tanaman (bunga atau tanaman lainnya), apa lagi setelah melihat hasilnya tanaman tumbuh hijau dan subur.

0 komentar:

Post a Comment