.

.

Pages

Menjadi Ibu yang Luar Biasa bagi Anak-anak

    Seorang ibu di  zaman sekarang memang harus banyak belajar. Apalagi dizaman yang serba teknologi, kita sebagai seorang ibu juga harus melek teknologi. Karena tak heran jika sekarang kita lihat anak-anak kita dalam kesehariannya tak lepas dari teknologi. Disinilah peran orang tua, membimbing, mengontrol dan mengajarkan serta mendidik anaknya, agar dapat memanfaatkan teknologi sebagai media informasi yang positif. 

    Bagi-anak-anak ibu adalah tempat ia bertanya, janganlah sekali-kali membantah dan memotong pertanyaan-pertanyaan anak-anak jika ia bertanya kepada kita. Karna itu akan berdampak negatif bagi perkembangannya. Alangkah baiknya kita memberi kesempatan kepadanya untuk menyampaikan apa yang ingin ia sampaikan, sehingga kita akan menjadi pendengar yang baik bagi mereka. Kita juga akan menjadi narasumber yang baik bagi mereka terhadap apa-apa yang mereka belum ketahui. Oleh karena itu, ibu yang luar biasa ia juga harus banyak membaca, belajar dan memiliki pengetahuan yang luas.
Pengalaman yang pernah saya jumpai, waktu masa-masa awal kehamilan saya, saya memiliki teman di tempat kursus Bahasa Inggris saya, kebetulan saat itu saya juga inggin memperlancar lagi Bahasa Inggris saya yang sangat belepotan itu, hehhe.. Waktu itu saya pernah bertanya dengan seorang teman seorang ibu Rumah Tangga yang memiliki dua orang anak yang duduk di bangku SD. Lalu saya bertanya, "Mba', kenapa mba' ngikuti les Bahasa Inggris ini?? Lalu ia menjawab, ya saya tu binggung kalo di tanya anak dirumah ketika dia mengerjakan PR Bahasa Inggris, lalu saya gak bisa jawab, sayanya yang jadi pusing. Makanya saya mengikuti les Bahasa Inggris saja, untuk menambah pengetahuan saya berbahasa inggris dan biar dapat mengajarkan kembali ke anak saya di rumah"
Bagi saya teman saya ini sangat luar biasa, begitu bertanggung jawabnya ia dalam mendidik anaknya. Hingga ia masih tetap bersemangat belajar demi anaknya. Makanya jangan berhenti untuk belajar, belajar itu sepanjang hayat.

Ibu yang luar biasa juga dapat memotivasi anak-anaknya. Memotivasi anaknya dapat juga berupa pujian. Anak-anak akan senang jika apa yang dilakukannya mendapat respon yang baik bagi orang yang ada di sekelilingnya. Selalu memberi pujian atas keberhasilan yang dicapainya, walaupun itu cuma kecil bagi kita. Selain itu, kita hurus selalu memberi arahan bahwa ia adalah anak hebat, yang memiliki banyak kelebihan, sehingga ia harus dapat membangun percaya diri dalam dirinya.

Ibu yang luar biasa selalu mengajarkan tentang agama kepada anaknya. Agama selalu mengajarkan tentang kebaikan. Nilai-nilai kebaikan selalu ditanamkan dari kecil kepada anak-anak. Sopan satun, cara beribadah, dan kebiasaan baik lainnya, hendaknya di biasakan dari mulai kecil.

Ibu yang luar biasa juga sebagai contoh dan suri teladan bagi anak-anaknya. Sikap orang tua akan tercermin kepada anak-anaknya. Karena orang tua lah yang memegang peran urama dalam pendidikan di dalam keluarga. Jika anak selalu dibbesarkan dengan kasih sayang, kebaikan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik. Begitu juga sebaliknya.

Ibu yang luar biasa selalu memantau perkembangan kesehatan, gizi dan perkembangan anak-anaknya. Menjadi ibu, selalu menjaga makanan yang dikonsumsi oleh anaknya, karena dapat berpengaruh kepada perkembangan anak. Selain itu ibu yang luar biasa juga selalu menjaga anak-anaknya dari pergaulan dalam lingkungan masyarakat. 

Ibu yang luar biasa selalu mendoakan setiap langkah anak-anaknya, agar menjadi anak yang soleh dan soleha seperti yang diharapkan.


0 komentar:

Post a Comment