.

.

Pages

PLPG Seni Budaya Rayon 106 Universitas Negeri Padang 2016

Suasana Belajar
      Inilah pengalaman dalam mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), Rayon 106 Universitas Negeri Padang (UNP), tahun 2016. Sungguh suatu hal yang sangat luar biasa. Sebelumnya tak di sangka jika, saya terjaring sebagai peserta PLPG Tahun ini. Kalau dilihat dari masa kerja dan umur masih banyak teman-teman yang melebihi masa kerja saya. Namun alhamdulillah, saya bersyukur berkat Hasil Uji Kopetensi Guru 2015 lalu, alhamdulillah saya memperoleh nilai 90 untuk mata pelajaran Seni Budaya. Sehingga dapat mengikuti PLPG Tahun ini, karena salah satu persyaratan mengikuti PLPG 2016 adalah nilai UKG di atas 80.
     Setelah sinyatakan sebagai peserta PLPG Seni Budaya, maka saya mendapat lokasi PLPG di Rayon 106 Universitas Negeri Padang  (UNP) pada Angkatan 2 Tahun 2016, yangn dilaksanakan selama sepuluh hari. Pelaksanaannya dimulai pada tanggal 18 s.d. 28 Oktober 2016, yang terdiri dari Guru SD, Seni Budaya, PKN, TIK dan mata pelajaran lainnya.
     Pesertanya berjumlah 540 peserta dari Sumatera Utara 54 orang, Riau 3 orang, Jambi 18 orang, Sumatera Selatan 15 orang, Bengkulu 6 orang, Kep. Riau 7 orang, dan dari Provinsi Sumatera Barat 437 orang. Sejumlah 437 orang dari Provinsi Sumatera Barat adalah Kab. Pasaman 11 orang, Kab. Lima Puluh Kota 31 orang, Kab. Solok 21 orang, Kab. Padang Pariaman 62 orang, Kab. Pesisir Selatan 26 orang, Kab. Tanah Datar 20 orang, Kab. Kepulauan Mentawai 16 orang, Kab. Solok Selatan 61 orang, Kab. Dharmasraya 21 orang, Kab. Pasaman Barat 18 orang, Kota Bukittinggi 10 orang, Kota Padang 81 orang, Kota Padang Panjang 6 orang, Kota Sawahlunto 8 orang, Kota Solok 21 orang, Kota Payakumbuh 20 orang, dan Kota Pariaman 4 orang.

Novi, Okta teman kuliah di UNY

Novi, Okta teman kuliah di UNY

Bersama teman-teman diklat

Bersama Bapak Dosen dari UNP

Bersama Teman-teman PLPG di waktu Istirahat

Suasana Belajar

     Sungguh pengalaman yang luar biasa dapat bertemu dengan teman-teman hebat dari berbagai daerah. Disinilah kami dapat belajar dan berbagi ilmu tentang Seni Budaya. Tidak ada kata yang paling berkesan, selain saya katakan bahwa saya sangat merindukan kebersamaan di kelas Seni Budaya. Awalnya sebelum berangkat saya sangat khawatir jika nantinya saya tidak dapat mengikuti PLPG dengan baik, namun berkat dukungan dari keluarga, teman-teman dan dosen-dosen, akhirnya saya dapat melaksanaan PLPG ini dengan baik. Berbagai hal yang di pelajari saat PLPG ini di antaranya materi Pedagogik, dan Profesional. Ujiannya terdiri dari Ujian Tulis Lokal (UTL), Ujian Peer Teaching dan Ujian Tulis Nasional (UTN). Namun saya hanya mengikuti UTL dan Peer Teacheng saja, karena berdasarkan Nilai UKG 2016,sehingga saya tidak mengikuti UTN lagi. Alhamdulillah di akhir kegiatan saya dinyatakan lulus. Semua beban, semua pikiran akhirnya terasa bebas..  Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kedepannya dalam mewujudkan cita-cita saya menjadi guru yang profesional.
Sayapun berdoa semoga teman-teman yang lain dapat menyusul.. Aminn...

0 komentar:

Post a Comment