.

.

Pages

DESKRIPSI MANUAL BLOG GURU SMA NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH “PENDIDIKAN & SENI BUDAYA”



DESKRIPSI MANUAL BLOG GURU
SMA NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH
“PENDIDIKAN & SENI BUDAYA”

I.          Pendahuluan
Pendidikan memegang peranan sangat penting tidak hanya bermanfaat bagi individu, namun juga berpengaruh terhadap pembangunan bangsa dan Negara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan–perubahan dalam dunia pendidikan. Saat ini Penerapan Teknologi Informasi
dan Komunikasi sudah mulai diterapkan di sekolah-sekolah. Dalam hal ini Pendidikan Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman, contohnya dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari. Salah satu aplikasi peranan teknologi informasi dalam penunjang proses pembelajaran adalah dengan menggunakan blog.
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari pengguna blog tersebut. Pada awalnya Blog digunakan untuk catatan pribadi oleh seseorang secara online, yaitu untuk menuliskan kejadiankejadian luar biasa dalam perjalanan kehidupan sesorang. Dengan perkembangan teknologi Blog digunakan tidak hanya untuk menuliskan catatan pribadi tapi dapat digunakan untuk menuliskan yang lain, yaitu sebagai seorang guru dapat mengupload materi atau soal ke blog, sehingga siswa dapat mendownload materi dan soal tersebut dari komputer.
Blog memiliki banyak manfaat sebagai media menulis, yang merupakan sebuah kegiatan yang rutin dilakukan guru, dengan adanya blog guru juga dapat menulis mengenai kegiatan proses pembelajaran dalam kelas, pengalaman, ataupun penelitian/eksperimen baru yang ingin guru lakukan, cerpen, atau hal penting lainnya. Guru  dapat membuat beberapa tutorial belajar mengenai pelajaran yang diampunya. Blog juga dapat di jadikan sebagai tempat perpustakaan online bagi guru. Guru dapat menyimpan arsip mengajar seperti RPP, silabus, bahan mengajar, dan lain-lain. Blog juga digunakan sebagai media sosialisasi dengan blogger-blogger guru lainnya. Berdasarkan hal inilah dikembangkan blog sebagai media untuk memperoleh informasi tentang Pendidikan dan Seni Budaya.

II.       Pengelolan Blog Guru “Pendidikan dan Seni Budaya”
Adapun pengelolaan Blog ini dilakukan langsung oleh Retci Angralia, sebagai admin yang membuat blog ini. Blog ini berawal dari adanya motovasi diri untuk mengembangkan diri melalui teknologi informasi, sehingga mempermudah halayak banyak untuk mendapatkan informasi mengenai pendidikan dan seni budaya secara umum. Di samping itu ini, juga berfungsi untuk mempermudah memperoleh materi yang diajarkan kepada siswa khususnya pembelajaran seni budaya.

III.    Tahapan  Mengembangkan Blog Guru Pendidikan & Seni Budaya
A.    Mendaftar di Gmail
Langkah pertama yang dilakukan yaitu Registrasi ke Situs Gmail di http://www.gmail.com  karena, syarat agar dapat  membuat weblog di Blogger adalah kita harus memiliki E-mail di Gmail. Email Gmail yang saya peroleh yaitu retciangralia@gmail.com

B.     Sign Up Ke Blogger
Setelah  E-mail sudah punya  address browser ke http://www.blogger.com. Lalu klik Sign Up.

0 komentar:

Post a Comment